Mengelola Sumber Daya Manusia yang berkesinambungan agar bisa mendukung strategi bisnis Perusahaan.
Manajemen SDM berhubungan dengan
pengendalian sistem formal dalam organisasi, untuk menjamin penggunaan dan
pengembangan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan
perusahaan. Peran strategis Manajemen SDM, antara lain: a.Sebagai
connecting role, menghubungkan peran antara SDM dengan bisnis, memahami
tujuan bisnis hendak kemana dan membantu mendukung pencapaian kinerja bisnis,
dan meningkatkan
keterlibatan pada isu strategis perusahaan. b.Sebagai enabling role, yaitu menempatkan pihak lain (baik internal maupun eksternal perusahaan) sebagai customer yang harus dilayani kebutuhannya (customer first). c.Sebagai monitoring role, dengan cara memanfaatkan Human Resources Information System (HRIS). d.Sebagai inovating role, melalui pengukuran efektivitas dan efisiensi SDM. e.Sebagai adapting role, dengan menggunakan perannya yang fleksibel untuk mengurangi hambatan birokrasi pada perusahaan.
Sumber: http://edratna.wordpress.com/2012/01/12/mengelola-sumber-daya-manusia-yang-berkesinambungan-agar-bisa-mendukung-strategi-bisnis-perusahaan/
keterlibatan pada isu strategis perusahaan. b.Sebagai enabling role, yaitu menempatkan pihak lain (baik internal maupun eksternal perusahaan) sebagai customer yang harus dilayani kebutuhannya (customer first). c.Sebagai monitoring role, dengan cara memanfaatkan Human Resources Information System (HRIS). d.Sebagai inovating role, melalui pengukuran efektivitas dan efisiensi SDM. e.Sebagai adapting role, dengan menggunakan perannya yang fleksibel untuk mengurangi hambatan birokrasi pada perusahaan.
Apa hubungan tanggung jawab manajer SDM dengan manajer perusahaan?
Tanggung jawab manajer SDM, adalah:
a.Membuat perencanaan SDM yang strategis di level perusahaan (corporate
level). b.Merancang sistem data dan informasi manajemen SDM. c.Menyusun dan
menganalisis data dari para manajer di seluruh jajaran mengenai jumlah dan
jenis kebutuhan staf. d.Menerapkan rencana SDM yang telah disetujui Direksi.
e.Berkoordinasi melaksanakan perencanaan SDM dengan Divisi dan fungsi lain
dalam perusahaan.
Sedangkan tanggung jawab manajer
perusahaan adalah: a.Mengidentifikasi kekuatan dan kebutuhan SDM di unit
kerjanya. b.Mengintegrasikan rencana SDM di unit kerjanya dengan rencana
Corporate Plan di tingkat perusahaan. c.Melakukan koordinasi dengan Divisi
SDM dalam rangka memenuhi kebutuhan, harapan jumlah dan jenis pekerja yang
dibutuhkan dalam waktu yang tepat. d.Melaksanakan strategi SDM yang telah
ditetapkan oleh Direksi untuk unit kerjanya. Pada dasarnya setiap manajer di
perusahaan dituntut berperan sebagai manajer SDM yang baik,
Pengelolaan SDM yang baik, dilaksanakan
secara berkesinambungan melalui rangkaian aktivitas yang terintegrasi dalam
kerangka arsitektur SDM, mulai dari aktivitas planning, acquiring,
developing, retaining and maintaining, performance management
dan terminating. Dengan pengelolaan SDM yang baik, dapat diciptakan SDM
yang profesional dalam jumlah memadai berdasarkan keahlian yang dibutuhkan
sesuai tuntutan perkembangan usaha, sehingga tercapai produktivitas SDM yang
optimal dalam mendukung keberhasilan implementasi strategi yang telah
ditetapkan.
Pendidikan dan Pelatihan, diperlukan untuk
mendukung strategi SDM yang berkesinambungan
Untuk menghasilkan kualitas SDM yang
berkualitas, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang terus menerus. Pendidikan
ini bisa dilakukan secara internal perusahaan, in house training,
ataupun mengirimkan pekerja secara bergantian ke berbagai training provider
baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk melakukan seminar, workshop
dan lain-lain.
Pendidikan dan pelatihan SDM bertujuan,
untuk: a).Menyediakan pekerja yang siap pakai baik dari sisi kompetensi,
manajerial, maupun perilaku, sehingga memberikan kontribusi positif bagi
perusahaan. b).Dilakukan secara terus menerus dan sistematis, baik untuk yang
berkaitan dengan kenaikan pangkat dan jabatan, maupun pembekalan. c).Menyiapkan
kaderisasi bagi jabatan-jabatan yang akan dikembangkan perusahaan di masa yang
akan datang, sehingga pada saatnya tidak memerlukan waktu untuk pengisian
jabatan tersebut. d) Bekerjasama dengan unit kerja lain untuk memperoleh data
kebutuhan training (training need assessment). e)
Menyiapkan pool of talents yang merupakan core competency perusahaan,
baik melalui klasikal training maupun knowledge-based management, dan
e-learning.
Beberapa perusahaan telah memberikan
perhatian yang penuh dalam memberikan pendidikan dan pelatihan bagi para
pekerja nya, menyusun road map agar pendidikan dan pelatihan bisa
berkesinambungan, untuk regenerasi pimpinan perusahaan. Secara garis besar
program pendidikan dan pelatihan terdiri atas:
- Program pembekalan bagi para pekerja yang baru masuk. Pendidikan yang diberikan berupa pembekalan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang diperlukan pada saat pekerja yang bersangkutan menduduki jabatan yang baru, sesuai yang direncanakan saat perekrutan.
- Pendidikan pengembangan. Merupakan pendidikan yang diberikan kepada pekerja yang sudah atau akan dipromosikan ke jenjang ekselon yang lebih tinggi dalam layer manajerial. Dapat pula berupa pendidikan S2 di dalam negeri maupun di luar negeri untuk para staf yang dinilai mempunyai potensi untuk menjadi pimpinan yang tangguh di masa depan.
- Pendidikan aplikasi. Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam pengetahuan, serta ketrampilan pekerja dalam mendukung pekerjaannya sesuai jabatan yang diduduki saat ini. Pendidikan aplikasi dapat dilaksanakan secara in house training, maupun mengikut sertakan pekerja dalam public course, baik di dalam maupun di luar negeri. In house training yang diselenggarakan termasuk workshop, seminar atau benchmarking profil bisnis yang potensial, yang bertujuan memberikan gambaran terhadap industri yang bersangkutan beserta tip dan tricks dari para pelaku bisnis yang memberikan pelatihan.
Agar SDM mempunyai pengetahuan dan
ketrampilan yang terintegrasi sesuai pengalaman kerjanya, maka perusahaan perlu
mengembangkan matriks pendidikan dan pelatihan, yang kemudian digambarkan dalam
blue print pendidikan. E learning dapat digunakan sebagai metode delivery,
yang dapat digunakan perusahaan dalam menyelenggarakan pendidikan, terutama
bagi perusahaan yang mempunyai jaringan luas dan tersebar ke berbagai wilayah,
baik di dalam maupun di luar negeri.
Beberapa manajemen perusahaan memberikan
komitmennya terhadap kelangsungan proses kepemimpinan di perusahaan, selain
dengan memberikan program pendidikan eksekutif, juga dengan membentuk “Learning
Organization”, yang didukung oleh implementasi knowledge management
di seluruh jajaran organisasi. Program ini, seperti yang dilakukan oleh
salah satu Bank, contohnya sebagai berikut: Manajemen dan karyawan berbagi
pengetahuan melalui berbagai bentuk program, misal: STOP (Sharing with Top
Management), SOS (Senior Officer Sharing), Morning Briefing,
Lesehan (Learning, Sharing & Fun), MITHOS (Meet The Authors)
dan Bedah Buku. Hal ini juga dilakukan di Bank lain, antara lain dengan
melakukan cascading learning sebagai bentuk continued learning,
yaitu suatu sistem pembelajaran berkelanjutan dimana para manajer lini
berpartisipasi dalam pembinaan dan pengembangan pengetahuan, ketrampilan dan attitude
para pekerja binaannya, melalui coaching, mentoring dan counseling.
Komentar
Posting Komentar