PENGELOLAAN PEMASARAN

Pemasaran (marketing) adalah :suatu proses manajerial dan social dengan mana individu dan kelompok dapat memuaskan kebutuhan mereka melalui pertukaran sesuatu yang bernilai.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah : serangkaian variavel yang dapat di kendalikan dalam melaksanakan aktivitas pemasaran (4 P).
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (Tempat/saluran distribusi)
4. Promotion (promosi)
I. Product adalah : segala sesuatu yang di tawarkan dan dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Klasifikasi produk :

A. Produk konsumen (Consumer product) : produk yang dipakai ( dikonsumsi )oleh individual/rumah tangga dan tidak akan di gunakan untuk menghasilkan produk lain atau dijual kembali.
Berdasarkan prilaku pembelian konsumen, produk konsumen dapat di golongkan menjadi :
• barang kebutuhan sehari-hari (convenience goods) adalah : produk prekuensi pembeliannya tinggi, harganya tidak mahal tanahnya sedikit membutuhkan usaha/pertimbangan dalam membuat keputusan pembelian. Contoh : Sabun, beras, minyak.
Convenience goods dapat dibagi menjadi :
Ø Staples (bahan-bahan pokok) barang-barang yang rutin di beli tampa banyak pertimbangan.
Ø Impulse goods adalah : barang-barang yang di beli tampa ada perencanaan sebelumnya.
Ø Emergency goods (barang-barang mendesak) adalah : barang-barang yang mrndesak dan segara harus di beli.
• Barang belanjaan ( shopping goods) adalah : barang-barang yang membutuhkan berbagai perbandingan/pertimbangan dan pembeliannya. Contoh sepatu, kemeja.
• Barang khusus (specialility goods) adalah : barang yang mempunyai keunikan dan konsumen tertentu berupaya keras untuk membelinya.
• Barang tidak di cari (unsought goods) adalah : barang-barang yang di ketahui/belum di ketahui oleh konsumen tentang barangnya, tetapi belum ada ke inginan untuk membelinya.


B. Produk Industrial (Industrial Goods) adalah : barang-barang yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan maupun untuk menghasilkan produk lain.
• Instalasi (intallations) adalah :barang-barang modal yang dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama dan mengalami penyusutan beberapa tahun. (gedung, pabrik)
• Peralatan tambahan (accessory equipment) adalah : barang-barang modal yang berjangka waktu pendek dan digunakan dalam kegiatan operasional/produksi. (computer, mesin listrik)
• Bahan baku (row material) adalah : barang-barang yang di gunakan untuk menghasilkan produk akhir. (besi, kayu, kapas)
• Material dan suku cadang (component part and materials) adalah : barang-barang yang belum diproses sebagai produk akhir.(baterai, busi, karburator)
• Persediaan (supplies) adalah : barang-barang yang digunakan dalam kegiatan operasional dan merupakan pengeluaran yang tidak menjadi bagian produk akhir.
o Pemeliharaan (maintenance)
o Perbaikan (repair)
o Perbekalan/persediaan operasi (operating supplies)
- Oli
- Kertas tik

II. Price (Harga) adalah : nilai tukar produk yang dinyatakan dalam satuan uang.
Jenis-jenis Potongan harga (Discount Price) :
v Potongan kuantitas (Quantitiy Discount) : potongan harga yang diberikan atas pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak.
v Potongan kumulatif (Cumulative Discount) : potongan harga yang diberikan atas pembelian produk yang memenuhi target pada priode tertentu.
v Potongan tunai (cash discount) : potongan harga yang di berikan atas pembayaran hutang yang tepat waktu atau sebelum jatuh tempo.
v Potongan dagang (Trade Discount) : potongan harga atas partisipasi pedagang dalam membantu perusahaan/produsen melaksanakan aktivitas pemasaran.
v Potongan musiman ( Season Discount) : potongan harga pada musim-musim tertentu.

III. Place (distribusi) adalah : perpindahan produk dari produsen ke pemakai industri dan konsumen.
Dalam menyalurkan produk, produser perlu mendapatkan bantuan/dukungan dari lembaga perantara/pialang/middlemen.
Ada beberapa lembaga perantara yang dapat ikut membantu produsen, yaitu :
1. Pedagang Besar (Wholeseller) : pedagang yang memasarkan produk dalam jumlah produk yang lebih banyak dan tidak berhubungan langsung dengan konsumen akhir.
2. pedagang Eceran (Retailer) : pedagang yang memasarkan produk yang jumlah lebih sedikit dan berhubungan langsung dengan konsumen akhir.
3. Agen (Agent) : Individu/lembaga yang mempertemukan penjual dan pembeli dan mendapatkan balas jasa dalam bentuk komisi.
Bentuk-bentuk distribusi :
1. Distribusi langsung (Direct Distribution) : penyaluran produk yang tidak menggunakan jasa lembaga perantara.
2. Distribusi tidak langsung (Inderect Distribution) :
Penyaluran produk yang menggunakan bantuan/jasa lembaga perantara.

IV. Promotion (Promosi) adalah : serangkain usaha yang dilaksanakan untuk mempengaruhi konsumen agar memilki produk yang dihasilkan.
Tujuan promosi :
-memberikan informasi
-meningkatkan penjualan
-menstabilkan penjualan
-memposisikan produk
-membentuk citra produk
Bauran Promosi :
-iklan (advertiding)
-Promosi penjualan (sales Promotion)
-Publikasi (publicitas)
-penjualan pribadi (personal selling)

Sumber: http://agoesbirton.wordpress.com/2009/08/28/pengelolaan-pemasaran/

Komentar