Unsur Unsur Pemasaran
- RINGKASAN EKSEKUTIF: Suatu ringkasan pendek ttg tujuan-tujuan utama, dan rekomendasi. Membantu menemukan titik2 penting rencana dg cepat.
- SITUASI PEMASARAN SEKARANG:berupa deskripsi pasar, termasuk segmen-segmen pasar utama, tinjauan produk, posisi persaingan, dan distribusi.
- TANTANGAN DAN PELUANG: Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terhadap perkembangan penting yang akan mempengaruhi perusahaan.
- TUJUAN DAN ISU:dinyatakan sebagai sasaran yang akan dicapai sepanjang kaidah rencana. Memancing Isu-isu utama untuk meningkatkan pangsa pasar.
- STRATEGI PEMASARAN:Rencana permainan untuk mencapai tujuan.
- PROGRAM TINDAKAN: Untuk menjawab Apa yang akan dilakukan?, Kapan kita akan melakukan?, siapa yang bertanggungjawab?, berapa besar biayanya?,
- AGGARAN: Pada sisi pengeluaran, Anggaran adalah biaya produksi, distribusi fisik dan pemasaran.
- PENGENDALIAN: Pengendalian dilakukan untuk memantau kemajuan.
Strategi dan
Taktik
- Strategi adalah Satu kesatuan rencana yang menyeluruh dan terpadu untuk mencapai tujuan. Perencanaan dasar suatu aksi yang pilih untuk mencapai suatu tujuan. Logika pemasaran (rencana permainan)yang dengannya unit usaha berharap dapat mencapai tujuan.
- Taktik adalah Cara dalam menjalankan rencana tersebut, yaitu teknik yang dipakai untuk melaksanakan strategi.
Komentar
Posting Komentar