DASAR KEAHLIAN MANAJEMEN



1.    Keterampilan teknis (Technical Skills)
Keahlian yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas khusus.
2.    Ketrampilan Hubungan Manusia (Human Skills)
Ketrampilan untuk mengerti dan bekerjasama dengan dengan orang lain.
3.    Ketrampilan Konseptual (Conceptual Skills)
     Kemampuan berpikir pada hal yang abstrak, mendiagnosis dan menganalisis situasi yang berbeda serta melihat jauh ke depan.
4.    Keahlian Dalam Membuat Keputusan (Decision Making Skills)
     Keahlian dalam menentukan masalah dan memilih tindakan yang
terbaik
     Langkah-Langkah Dasar Pembuatan Keputusan
·         Menentukan problem, mengumpulkan fakta-fakta, dan mengindentifikasikan alternatif penyelesaian.
·         Mengevaluasi masing-masing alternatif dan menyeleksi alternatif yang paling baik.
·         Mengimplementasikan alternatif yang dipilih, melanjutkan secara periodek dan mengevaluasikan efektivitas pilihan.
5.    Keahlian Mengelola Waktu ( Time Manajement Skill)
Keahlian yang berkaitan dengan penggunaan produktif atas waktu yang dimiliki seseorang.
Pedoman Memanfaatkan waktu dengan efisien
·         Tetapkan prioritas yang tepat
·         Jadualkan waktu jeda yang panjang untuk tugas-tugas yang besar
·         Minimalkan interupsi
·         Tetapkan sasaran jangka pendek
·         Delegasikan beberapa tugas kepada para karyawan.

Komentar