Sifat, Fungsional dan Interpretif dalam Komunikasi Organisasi
Sifat Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi lebih dari sekedar apa yang
dilakukan orang – orang. Komunikasi organisasi adalah suatu disiplin studi yang
dapat mengambil sejumlah arah yang sah dan bermanfaat. Studi komunikasi
organisasi dianggap sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan
sumber daya manusia dan komunikasi perusahaan, dan tugas – tugas lain yang
berorientasikan manusia dalam organisasi.
Fungsional Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi dapat didefinisikan sebagai
pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit – unit komunikasi yang
merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu.Suatu organisasi terdiri dari
unit – unit komunikasi dalam hubungan – hubungan hierarkis antara yang satu
dengan lainnnya dan berfungsi dalam
suatu lingkungan.Interaksi di antara semua
faktor internal maupun eksternal organisasi disebut sebagai sistem komunikasi
organisasi.
Interpretif Komunikasi Organisasi
Definisi tradisional (fungsional dan objektif)
menganggap bahwa komunikasi organisasi cenderung menekankan kegiatan penanganan
pesan yang terkandung dalam suatu “batas organisasional”. Komunikasi organisasi
jika dipandang dari suatu perspektif interpretif (subjektif) dianggap sebagai
proses penciptaan makna atas interaksi yang merupakan organisasi. Komunikasi
organisasi adalah perilaku pengorganisasian yang terjadi dan bagaimana mereka
yang terlibat dalam proses itu bertransaksi dan memberi makna atas apa yang
terjadi. Realitas (organisasi) adalah suatu konstruksi subjektif yang mampu
lenyap saar anggota – anggotanya tidak lagi menganggapnya demikian yang lebih
jelasnya bahwa komunikasi organisasi merupakan proses pembentukan makna atas
interaksi yang menciptakan, memelihara, dan mengubah organisasi.
Komentar
Posting Komentar