Hal dasar yang perlu untuk kepemimpinan
Manajemen dilaksanakan dalam suatu organisasi
atau institusi tertentu yang pada tahap awal implimentasinya organisasi itu
digerakan oleh kepemimpinan yang sangat peduli pada mutu dan bertekad kuat
untuk membuat organisasinya itu selalu dan terus menerus meningkatkan mutu
kenerjanya, apakah itu dalam bentuk produk atau jasa. Kepemimpinan
untuk MMT itu memerlukan modal dasar dalam bentuk penguasaan tujuan mendasar
yang menyangkut kehidupan organisasinya
a.
Organisasi
Mengapa
organisasi yang dipimpinnya ini ada dan untuk apa ? jawaban terhadap pertanyaan
yang sangat mendasar ini perlu dikuasai secara baik oleh
semua orang yang
memegang tampuk kepemimpinan dari suatu organisasi. Tanpa menguasai jawabannya
secara fisik diragukan apakah mereka akan mampu mengarahkan orang – orang lain
dalam organisasi itu ketujuan yang seharusnya.
b.
Visi
Akan
menjadi organisasi yang bagai manakah organisasi itu kedepan ? orang – orang
yang memegang kepemimpinan perlu memiliki pandangan jauh kedepan tentang organisasinya
; mereka ingin mengembangkan organisasinya itu menjadi organisasi yang
bagaimana, yang mampu berfungsi apa dan bagaimana, yang mampu memproduksi benda
dan jasa apa dan yang bagaimana, serta untuk dapat disajikan kepada siapa ?
visi ini harusnya berjangka panjang, misalnya 10 tahun atau 25 tahun kedepan,
agar dapat memfasilitasi usaha – usaha perbaikan mutu kinerja yang
berkelanjutan.
c.
Misi
Mengapa
kita ada dalam organisasi ini ? apa tugas yang harus dilakikan ? jawaban
terhadap pertanyaan – pertanyaan ini berkaitan dengan visi tersebut diatas.
Bagaiman visi itu akan dapat diwujudkan ? tugas –tugas pokok apakah yang harus
dilakukan oleh organisasi agar visi atau kondisi masa depan organisasi tadi
dapat diwujudkan. Rumusan tentang misi organisasi ini juga seharusnya dapat
dikuasai dengan baik dan jelas oleh orang – orang yang memegang kepemimpinan
agar mereka dapat memberi arahan yang benar dan jelas kepada orang – orang
lain.
d.
Nilai – nilai
Prinsip
– prinsip apa yang harus diyakini sebagai kebenaran yang berfungsi sebagai
pedoman dalam menjalankan tugas organisasi, dan ingin agar orang lain dalam
organisasi juga mengadopsi prinsip – prinsip tersebut. Misalnya mutu, fokus
pada pelanggan, disiplin, kepelayanan adalah nilai – nilai yang seharusnya
dianut oleh orang – orang yang memegang kepemimpinan MMT.
e.
Kebijakan
Ialah
rumusan – rumusan yang akan disampaikan kepada orang – orang dalam organisasi
sebagai arahan agar merka mengetahui apa yang harus dilakuakn dalam menyediakan
pelayanan dan barang kepada para pelanggan. Orang – orang yang memegang
kepemimpinan harus mampu merumuskan kebijakan – kebijakan semacam itu agar
orang – orang dapat menyajikan mutu seperti yang diinginkan oleh organisasi.
Sumber: http://maulanamau.blogspot.com/2012/05/makalah-kepemimpinan.html
Komentar
Posting Komentar