Hal dasar yang perlu untuk kepemimpinan



Manajemen dilaksanakan dalam suatu organisasi atau institusi tertentu yang pada tahap awal implimentasinya organisasi itu digerakan oleh kepemimpinan yang sangat peduli pada mutu dan bertekad kuat untuk membuat organisasinya itu selalu dan terus menerus meningkatkan mutu kenerjanya, apakah itu dalam bentuk produk atau jasa. Kepemimpinan untuk MMT itu memerlukan modal dasar dalam bentuk penguasaan tujuan mendasar yang menyangkut kehidupan organisasinya
a.       Organisasi
Mengapa organisasi yang dipimpinnya ini ada dan untuk apa ? jawaban terhadap pertanyaan yang sangat mendasar ini perlu dikuasai secara baik oleh
semua orang yang memegang tampuk kepemimpinan dari suatu organisasi. Tanpa menguasai jawabannya secara fisik diragukan apakah mereka akan mampu mengarahkan orang – orang lain dalam organisasi itu ketujuan yang seharusnya.


b.                  Visi
Akan menjadi organisasi yang bagai manakah organisasi itu kedepan ? orang – orang yang memegang kepemimpinan perlu memiliki pandangan jauh kedepan tentang organisasinya ; mereka ingin mengembangkan organisasinya itu menjadi organisasi yang bagaimana, yang mampu berfungsi apa dan bagaimana, yang mampu memproduksi benda dan jasa apa dan yang bagaimana, serta untuk dapat disajikan kepada siapa ? visi ini harusnya berjangka panjang, misalnya 10 tahun atau 25 tahun kedepan, agar dapat memfasilitasi usaha – usaha perbaikan mutu kinerja yang berkelanjutan.


c.       Misi
Mengapa kita ada dalam organisasi ini ? apa tugas yang harus dilakikan ? jawaban terhadap pertanyaan – pertanyaan ini berkaitan dengan visi tersebut diatas. Bagaiman visi itu akan dapat diwujudkan ? tugas –tugas pokok apakah yang harus dilakukan oleh organisasi agar visi atau kondisi masa depan organisasi tadi dapat diwujudkan. Rumusan tentang misi organisasi ini juga seharusnya dapat dikuasai dengan baik dan jelas oleh orang – orang yang memegang kepemimpinan agar mereka dapat memberi arahan yang benar dan jelas kepada orang – orang lain.


d.      Nilai – nilai
Prinsip – prinsip apa yang harus diyakini sebagai kebenaran yang berfungsi sebagai pedoman dalam menjalankan tugas organisasi, dan ingin agar orang lain dalam organisasi juga mengadopsi prinsip – prinsip tersebut. Misalnya mutu, fokus pada pelanggan, disiplin, kepelayanan adalah nilai – nilai yang seharusnya dianut oleh orang – orang yang memegang kepemimpinan MMT.


e.      Kebijakan
Ialah rumusan – rumusan yang akan disampaikan kepada orang – orang dalam organisasi sebagai arahan agar merka mengetahui apa yang harus dilakuakn dalam menyediakan pelayanan dan barang kepada para pelanggan. Orang – orang yang memegang kepemimpinan harus mampu merumuskan kebijakan – kebijakan semacam itu agar orang – orang dapat menyajikan mutu seperti yang diinginkan oleh organisasi.

Sumber: http://maulanamau.blogspot.com/2012/05/makalah-kepemimpinan.html

Komentar