PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
A. Latar Belakang
Usaha otomotif pada zaman ke zaman
semakin pesat dan menyuguhkan produk-produk yang inovatif dengan mendukung
kebutuhan masyarakat. Tidak menutup kemungkinan perusahaan perusahaan otomotif
di Indonesia banyak bersaing dalam mengeluarkan berbagai produk-produk besutan
nya untuk memuaskan para konsumen.
Pada tulisan ini, penulis mengamati PT. Suzuki Indomobil Motor sebagai salah satu perusahaan otomotif besar di Indonesia. PT. Suzuki Indomobil Motor yang semula bernama PT. Indomobil Suzuki International merupakan sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing milik Suzuki Group yang berpusat di Jepang. Suzuki merintis dunia otomotif dari tahun 1976 sampai sekarang menjadi salah satu perusahaan otomotif besar dunia.
Pada tulisan ini, penulis mengamati PT. Suzuki Indomobil Motor sebagai salah satu perusahaan otomotif besar di Indonesia. PT. Suzuki Indomobil Motor yang semula bernama PT. Indomobil Suzuki International merupakan sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing milik Suzuki Group yang berpusat di Jepang. Suzuki merintis dunia otomotif dari tahun 1976 sampai sekarang menjadi salah satu perusahaan otomotif besar dunia.
Perusahaan ini salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia dengan
memproduksi kendaraan roda dua (motor) dan kendaraan roda empat (mobil). Di Indonesia sendiri PT. Suzuki Indomobil Motor memiliki pusat perakitan
yang tersebar di 6 lokasi, terdiri dari:
1. Plant Cakung (Perakitan Engine) di Jalan Raya
Penggilingan, Cakung Jakarta Timur.
2. Plant Pulogadung (Service &
Sales) di Jalan Raya Bekasi Km.19 Jakarta Timur.
3. Plant Tambun 1 (Perakitan Motor) di Jalan Raya Diponegoro Km.38,2 Bekasi.
4. Plant Tambun
2 (Perakitan Mobil) di Jalan
Raya Diponegoro Km.38,2 Bekasi.
5. Plant Spare
Part (Penjualan Suku Cadang dan Spare Part) di Jl. P. Diponegoro Km. 38,2 Tambun – Bekasi ( Jl.
Toyo Giri ).
6. Kantor Pusat
(Wisma Indomobil MT. Haryono) di Jl. MT. Haryono, Kav. 8, Jakarta Timur.
B. Dasar Teori
Yang menjadi hal utama keinginan para konsumen saat ini adalah alat transportasi khususnya mobil yang mendukung space yang luas dan stylish. Khusus untuk yang ingin berlibur jauh bersama keluarga besar ini menjadi tolok ukur bagi perusahaan otomotif untuk menciptakan sebuah terobosan baru transportasi darat khususnya mobil sebagai kendaraan keluarga yang nyaman tentunya tanpa berdesak-desakkan didalamnya.
C. Studi Kasus
PT. Suzuki Indomobil Motor menjadikan keluarga muda dan modern sebagai target pasar di Indonesia yang menjadi segmen penting bagi Suzuki.
Sebab itu, melalui PT Suzuki Indomobil Sales, Suzuki menggarap serius segmen
tersebut seperti ERTIGA diklaim sebagai jawaban atas
permintaan dan kebutuhan keluarga modern Indonesia akan kendaraan yang lebih stylish dan nyaman. Yang sebelumnya PT. Suzuki
Indomobil Motor mengeluarkan mobil andalan nya yaitu APV sebagai mobil
keluarga. Tapi kali ini Ertiga menjadi pusat perhatian bagi konsumen.
Tidak hanya
itu, PT. Suzuki Indomobil Motor membidik pelanggan muda Indonesia yang aktif
dan modern serta memiliki cita rasa tinggi. Termasuk yang mengedepankan gaya
hidup perkotaan, namun tetap ramah lingkungan dengan tagline “Lebih Mengerti Keluarga”, kendaraan ini dianggap cocok untuk memenuhi kebutuhan kendaraan yang ramah
lingkungan, irit bahan bakar, dan harga yang
bersahabat.
1. Saluran Distribusi
Dalam skema
saluran distribusi PT Indomobil Niaga International, tampak bahwa PT Suzuki Indomobil Motor bertindak
sebagai pabrikan, maksudnya adalah bahwa PT Suzuki
Indomobil Motor memproduksi
produk-produk kendaraan bermotornya di pabriknya sendiri.
Sedangkan PT Indomobil Niaga International berperan sebagai sole distributor (Agen Tunggal) yang bertugas memasarkan produk-produk Suzuki kepada main dealer dan sub dealer.
Sedangkan PT Indomobil Niaga International berperan sebagai sole distributor (Agen Tunggal) yang bertugas memasarkan produk-produk Suzuki kepada main dealer dan sub dealer.
Yang
dimaksud dengan main dealer adalah dealer-dealer besar/utama, dimana dealer
tersebut biasanya mensuplai produk Suzuki dalam jumlah yang besar untuk dijual
kembali kepada sub-dealer (dealer-dealer kecil) maupun langsung kepada konsumen
akhir. Skema tersebut juga memuat adanya sub dealer yang mensuplai produk
Suzuki dari main dealer untuk dijual kembali kepada konsumen akhir. Disini
konsumen akhir mepunyai dua jenis dealer alternatif jika ingin membeli produk
Suzuki, yaitu main dealer atau sub dealer.
2. Arus Transaksi Perusahaan
Banyak cara yang dilakukan PT. Suzuki Indomobil Motor dalam menjaring konsumen, diantaranya dengan cara keleluasaan inden (pembelian barang dengan cara memesan dan membayar lebih dahulu) dengan harga yang pasti dan dukungan penjualan dari beberapa perusahaan leasing terkemuka, penyegaran bentuk produk, dan lain sebagainya.
Selain itu juga PT Suzuki Indomobil Motor menyediakan kemudahan dalam pemesanan mobil dengan cara kredit. Untuk mengetahui alur atau tahapan dalam pembelian mobil secara kredit, berikut prosesnya:
Banyak cara yang dilakukan PT. Suzuki Indomobil Motor dalam menjaring konsumen, diantaranya dengan cara keleluasaan inden (pembelian barang dengan cara memesan dan membayar lebih dahulu) dengan harga yang pasti dan dukungan penjualan dari beberapa perusahaan leasing terkemuka, penyegaran bentuk produk, dan lain sebagainya.
Selain itu juga PT Suzuki Indomobil Motor menyediakan kemudahan dalam pemesanan mobil dengan cara kredit. Untuk mengetahui alur atau tahapan dalam pembelian mobil secara kredit, berikut prosesnya:
1). Datang ke Dealer resmi mobil Suzuki
Sebelum melakukan transaksi pembelian mobil suzuki, kita diharuskan datang terlebih dahulu ke dealer resmi mobil suzuki. Dimana nantinya dealer tersebut berlaku sebagai penyedia unit yang akan anda beli dan melakukan transaksi booking unit (DP) untuk mobil yang kita pilih. Tentunya jika ingin membeli mobil baru Suzuki anda harus mencari Dealer resmi mobil Suzuki yang tidak jauh dari lokasi rumah atau bisa menghubungi marketing mobil suzuki untuk datang kerumah anda.
2). Persyaratan kredit
Setelah melakukan transaksi berupa pembayaran awal atau DP (Down Payment) anda akan diberikan salinan lembaran SKPK (Surat Keterangan Pemesanan Kendaraan) dari dealer resmi mobil Suzuki tempat anda melakukan transaksi. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah anda harus menyiapkan beberapa persyaratan kredit yang akan diajukan ke leasing (finance) yang umumnya berupa:
- Fotokopi ktp
suami dan istri
- fotokopi KK
- Fotokopi PBB
- Fotokopi Rek tabungan 3 bulan terakhir dan Fotokopi Slip gaji
- TDP
- SIUP dan NPWP.
3). Proses Kredit Mobil Suzuki
Setelah anda menyerahkan data–data persyaratan kredit lengkap kepada dealer resmi suzuki melalui salesnya. Anda dapat menunggu proses kredit mobil suzuki berjalan kurang lebih 3-5 hari kerja tergantung dari kesiapan dan ketersediaan waktu anda untuk di survei. Setelah disurvei (biasanya by phone, datang kerumah, datang kekantor) selanjutnya pihak leasing akan memberikan persetujuan pembiayaan yang biasa disebut PO kepada dealer resmi mobil Suzuki. Nantinya apabila PO tersebut sudah diterima oleh Dealer Resmi Suzuki anda akan langsung dihubungi dan diminta untuk melakukan proses pembayaran Total DP.
4). Delivery Mobil
Setelah proses administrasi selesai, selanjutnya pihak dealer resmi suzuki akan mengatur jadwal pengiriman mobil (delivery). Biasanya pengiriman mobil dilakukan 3-4 hari setelahnya, terhitung sejak pelunasan administrasi. Anda bisa juga meminta kepada pihak dealer resmi Suzuki untuk dapat mengirimkan unit kendaraan setelah atau sebelum STNK Jadi. Proses STNK Mobil kurang lebih memakan waktu paling lama 14 hari kerja (Unit CKD) dan 30 hari kerja (unit CBU).
Daftar Pustaka:
Komentar
Posting Komentar