Penerapan Teknologi Komputer di Perbankan Beserta Contoh



 
Semakin perkembangan jaman dan majunya teknologi di dunia, setiap apapun tindak pekerjaan masyarakat dan dalam bidang pekerjaan apapun hampir semua sudah menggunakan teknologi berbasis komputer. Dengan halnya pembahasan softskill kali ini yaitu Penerapan Teknologi Komputer Di Perbankan Beserta Contohnya.
Salah satunya pada bidang perbankan, transaksi perbankan mulai menggunakan
teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah yang masih menggunakan sistem penerapan lama/manual yang hanya melayani nasabah dengan harus bertemu atau bahkan nasabah datang ke cabang-cabang bank yang disediakan oleh bank yang ia gunakan untuk menabung/infertasi, yang kita ketahui mempunyai kelemahan seperti memakan waktu yang cukup lama dalam proses dan tidak efesien. Sekarang menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet seperti yang kita kenal dengan nama E-Banking dan bahkan dengan mobile (handphone) dengan layanan SMS maupun aplikasi mobile yang sudah banyak diterapkan bank. Tentunya dengan adanya jaringan komputer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference.

Manfaat dari penggunaan komputer di bidang perbankan cukup memberi pengaruh besar antara lain untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank, saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING.

Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan  mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses  inovasi produk dan jasa seperti :
  • Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller.
  • Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam. 
  •  Penggunaan Database di bank–bank.
  •  Sinkronisasi data–data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.

Contoh Penerapan E-Banking Pada Bank BNI

Jenis E-Banking di BNI:
      -  Internet/E-Banking
      - BNI Phone Plus
      -  BNI Mobile
      - BNI Automated Teller Machine (ATM)
      - Smart Card
      - Dan Lain-lain

Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. E-Banking atau electronic banking merupakan fitur produk perbankan yang dilakukan tanpa menggunakan pelayanan pegawai bank, namun melalui delivery channel transaksi elektronik perbankan.

Cara mudah menjadi pengguna BNI Internet Banking :
  • Lakukan Registrasi menggunakan BNI Card*) Anda di BNI ATM melalui menu ”Registrasi E-Channel”, dan buat 6 angka PIN Registrasi BNI Internet Banking. 
  • Lakukan Aktivasi BNI Internet Banking
  • Gunakan User ID dan Password Anda untuk login pada Layanan BNI Internet Banking
  • Untuk bisa melakukan transfer dana, membayar tagihan dan transaksi financial lainnya, Anda harus memiliki BNI eSecure.

Jenis Transaksi di BNI Internet Banking terbagi menjadi 2, yaitu antara lain:

      1.      Transaksi Non Finansial
-         Informasi saldo
-         Informasi mutasi rekening
-         Ganti Password
-         Ganti Alamat Email
-         Daftar Rekening
-         Daftar Pembayaran

      2.      Transaksi Finansial
-         Transfer Dana antar Rekening BNI
-         Pembayaran Tagihan
-         Pembelian Voucher Prabayar
-         Pembelian Tiket Airline
-         Pembayaran Biaya Pendidikan (Student Payment Centre)

KEAMANAN BNI E-BANKING

Sistem Keamanan BNI E-Banking antara lain:
  • Menggunakan system keamanan standar internasional dengan enskripsi SSL128 bit oleh Verisign. SSL 128 bit (Secure Socket Layer), yaitu lapisan pertama system pengamanan BNI Internet Banking yang lazim digunakan dalam dunia perbankan. Dengan menggunakan SSL ini, semua data yang dikirimkan dari server BNI Internet Banking ke computer nasabah dan sebaliknya selalu melalui proses enkripsi (acak secara sistem) dengan menggunakan sandi 128-bit yang hanya diketahui oleh komputer nasabah dan server BNI Internet Banking. Dengan demikian, pihak-pihak lain tidak akan dapat mengartikan transmisi data tersebut apabila menerimanya.
  • Pengamanan pintu akses BNI Internet Banking dengan firewall.
  • Proses registrasi layanan BNI Internet Banking dilakukan melalui BNI ATM menggunakan PIN BNI Card.
  • Proses aktivasi melalui website BNI yaitu www.bni.co.id atau langsung ke https://ibank.bni.co.id menggunakan PIN registrasi dan nomor BNI Card yang digunakan untuk registrasi di BNI ATM.

Untuk Pengguna/User:
  • Buatlah User ID & Password BNI Internet Banking yang tidak mudah ditebak tetapi mudah diingat
  • Rahasiakan Password BNI Internet Banking Anda dan jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain
  • Lakukan perubahan Password BNI Internet Banking secara berkala
  • Jangan tinggalkan komputer Anda saat Login ke layanan BNI Internet Banking dan selalu klik “logout” jika sudah selesai menggunakan
  • Tolak layanan simpan otomatis User ID dan Password BNI Internet Banking pada saat browser menawarkan peyimpanan otomatis
  • Jangan gunakan User ID atau Password atau Informasi pribadi lainnya seperti Nomor rekening, Nomor Kartu ATM dan lain sebagainya pada website yang tidak dikenal.
  • Jika menggunakan koneksi dan alat nirkabel pastikan bahwa kemanannya cukup/memadai.
  • Biasakan untuk menghapus browser cache dan history setiap selesai bertransaksi
  • Lindungi komputer anda dari virus dan program berbahaya lainnya
  • Biasakan untuk melakukan check saldo rekening dan mutasi transaksi secara teratur
  •  Segera beritahukan melalui BNI Call di 021 5789 9999 atau melalui ponsel Anda, jika mendapat masalah atau sesuatu yang mencurigakan.

Referensi:
http://ilham-dian.blogspot.co.id/2013/06/penerapan-teknologi-komputer-pada-dunia.html

Komentar