MEMBUAT GAME TEBAK ANGKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL
Sebelum memulai membuat game tebak angka, kita kenal dulu apa itu Adobe
Flash CS3 Professional.
Adobe
Flash CS3 Professional merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi
berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software
ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet
(online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi
atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 3.0
yang dibawanya, Adobe Flash CS3 Professional dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar
seperti kuis atau simulasi.
CARA
MEMBUKA
Untuk
membuka program Adobe Flash CS3 Professional, Anda dapat melakukan salah satu
cara berikut:
- Klik icon Adobe Flash CS3 Professional pada dekstop (Layar monitor)
- Klik Start Menu All Programs Adobe Master Collection CS3 Adobe Flash CS3 Professional. Beberapa saat akan muncul jendela dialog seperti berikut :
Atau pilih : Create New – Flash File
(ActionScript 3.0), atau bisa
memilih menu bar pilih File dan New document dan pilih jenis document nya untuk
memulai membuat file baru.
MEMBUAT GAME TEBAK ANGKA
Dalam membuat game tebak angka di adobe flash ini ada beberapa
langkah yaitu:
- Membuat Layer pertama untuk judul. Nama layer1 diubah menjadi judul. Kemudian di layer judul menggunakan Text tool pada toolbar untuk menuliskan judul game nya, lalu text type nya di properties menjadi Static Text. Seperti gambar dibawah ini (pada lingkaran merah) :
- Membuat Layer kedua untuk output. Nama layer2 diubah menjadi output. Kemudian di layer output menggunakan Text tool pada toolbar untuk sebagai outputan dari game tersebut, lalu text type nya di properties menjadi Dynamic Text dan instance name nya diberi nama display. Seperti gambar dibawah ini (pada lingkaran merah) :
- Membuat Layer ketiga untuk input. Nama layer3 diubah menjadi input. Kemudian di layer input menggunakan Text tool pada toolbar untuk sebagai inputan dari game tersebut, lalu text type nya di properties menjadi Input Text dan instance name nya diberi nama inputTeks. Dan klik Show Border Around Text pada properties untuk memberi border pada input teks yang sudah dibuat. Seperti gambar dibawah ini (pada lingkaran merah) :
- Membuat Layer keempat untuk button. Nama layer4 diubah menjadi button. Kemudian di layer button menggunakan Text tool pada toolbar dan beri teks nya yaitu CEK untuk sebagai pengecekan angka dari game tersebut, lalu klik kanan pada teks CEK kemudian pilih Convert to Symbol, pilih type nya adalah Button dan titik pada Registration berada ditengah dan pilih OK. Kemudian pada jendela properties pilih instance behavior menjadi Button dan beri nama instance name nya menjadi cekBtn. Seperti gambar berikut ini (pada lingkaran merah) :
Jika sudah
membuat keempat langkah pada masing-masing keempat layer tersebut, lalu
selanjutnya klik kanan pada Frame 1 di layer button, kemudian pilih Action yang
berfungsi
untuk tempat menuliskan script Game Tebak Angka. Seperti gambar dibawah ini :
Kemudian tuliskan script berikut ini:
Penjelasan script:
var angkaMisteri:uint;
var angkaPrediksi:uint;
Merupakan pemberian variabel dengan nama variabelnya yaitu angkaMisteri
dan angkaPrediksi dengan tipe data yaitu integer (berupa angka/ bilangan
bulat).
display.text="Tebak angka yang aku pikirkan, dari 1-100!";
Kondisi awal atau kalimat pembuka tampilan awal dari game tersebut pada
display teks.
angkaMisteri=Math.ceil(Math.random()*100);
Variabel angkaMisteri ini menghasilkan angka acak dari 1 sampai 100.
cekBtn.addEventListener(MouseEvent.CLICK, cekAngka);
Event pada tombol cek yang akan di click pada kursor mouse.
function cekAngka(event:MouseEvent):void
{
angkaPrediksi=uint(inputTeks.text);
if(angkaPrediksi < angkaMisteri)
{
display.text="Angka
Terlalu Kecil ! Coba Lagi";
}
else if(angkaPrediksi > angkaMisteri)
{
display.text="Angka
Terlalu Besar! Coba Lagi";
}
else
{
display.text="Anda
Benar !!!";
} }
Ada kondisi dalam pengecekan angka, apabila variabel angkaPrediksi yang
dipakai untuk input angka kurang dari angkaMisteri dari game tersebut maka akan
menampilkan atau output mencetak "Angka
Terlalu Kecil ! Coba Lagi" jika angka yang ditebak kurang dari target.
Selain itu jika variabel angkaPrediksi yang dipakai
untuk input angka lebih dari angkaMisteri dari game tersebut maka akan
menampilkan atau output mencetak "Angka
Terlalu Besar ! Coba Lagi" jika angka yang ditebak lebih dari target.
Selain dari kondisi kedua tersebut maka akan
menampilkan atau output mencetak "Anda
Benar !!!" jika angka yang ditebak sama dengan target.
Close script tersebut dan kemudian jalankan Game Tebak
Angka tersebut dengan memilih Control pada MenuBar dan pilih Test Movie. Dan
berikut outputnya :
kurang menarik y
BalasHapusmakasih untuk informasi yang bermanfaat kak, artikelnya bagus menginspirasi...
BalasHapus.
https://www.kolambaca.com/